Kenari Lizard

Kenari Gloster

Kenari Border

Kenari Irish Fancy

Red Factor Canary

July 28, 2011

kenari merah pict
Red Factor Canary atau saya sebut kenari merah pertama dikembangkan oleh Dr Hans Duncker (Jerman) pada 1930-an dengan menyilangkan siskin merah (jantan) dengan kenari kuning (betina). Beberapa orang mengatakan leluhur dari kenari kuning yang digunakan Hans adalah Roller Jerman, sementara yang lainnya menyakini sebagai kanari Border.

Red Factor Canary merupakan salah satu jenis kenari yang sangat populer. Burungnya sangat aktif dan bergairah. Burung ini relatif mudah dipelihara namun perlu usaha yang lumayan keras untuk menernakkannya sehingga menghasilkan keturunan yang bagus. Di Indonesia sudah banyak yang berhasil menangkarkan kenari merah ini.

Red Factor Canary termasuk “color canary” dan sebenarnya juga merupakan Color Bred Canary tetapi memiliki “red factor” sebagai bagian dari struktur genetiknya.

Pakan Kenari Kemasan Pabrik

Pakan kenari kemasan pict
Pakan Kenari kemasan pabrik dengan beragam merk sekarang banyak kita jumpai di kios-kios penjual burung atau toko pakan ternak. Dalam memberi pakan kenari membutuhkan kebijaksanaan peternak dalam menentukan jenis pakan yang akan kita berikan. Pakan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi kenari, jika komposisinya tepat dan ditunjang dengan multivitamin dan mineral penunjang lainnya membuat burung kenari yang kita pelihara sehat.

Ketika peternak mengganti merk pakan otomatis komposisi pakannya berubah, dengan perubahan komposisi mengakibatkan kenari harus menyesuaikan dengan pakan yang baru. Ada beberapa kasus ketika ada perubahan komposisi pakan mengakibatkan kenari menjadi malas makan karena harus menyesuaikan dengan racikan pakan terbaru. Kadang-kadang pada saat ganti komposisi pakan, kenari mengalami kerontokan bulu. Bagi peternak kerontokan bulu kenari sangat dihindari kecuali mabung/rontok alami (moulting) setahun sekali.

Untuk hobis yang mempunyai kenari di bawah 10 ekor lebih ekonomis membeli pakan yang sudah jadi dari pada pakan hasil olahan sendiri. Kelebihan pakan yang sudah jadi adalah karena diolah oleh pabrik besar dengan tingkat kebersihan dan komposisi yang lebih baik. Disamping itu produsen besar mempunyai bagian riset dan penelitian tersendiri sehingga lebih optimal. Kelebihannya membeli pakan jadi (ber-merk) tentu tidak merepotkan tinggal pergi ke kios atau pasar burung.

Yang perlu diperhatikan pada saat membeli pakan jadi (bermerk) adalah :

1. Kondisi kemasannya
Kondisi kemasan harus bagus maksudnya kemasannya jangan rusak atau ada yang bocor. Cari kemasan yang kedap udara biasanya kemasan buatan pabrik vakum, dengan kondisi kemasan vakum pakan di dalam kemasan fresh tidak terkontaminasi dengan lingkungan sekitar.

2. Komposisi Pakan
Setiap produsen mempunyai komposisi pakan yang berbeda-beda ada beberapa produsen yang membuat ramuan tertentu yang di mix dengan bijian. Pakan impor rata-rata sudah di campur dengan multivitamin, mineral dan buah-buahan yang dikeringkan. Saat ini beberapa produsen pakan lokal sudah membuat ramuan campuran multivitamin dan mineral seperti pakan impor. Untuk komposisi bijian, multivitamin dan mineral yang terkandung bisa di baca di kemasannya.

3. Kondisi Pakan
Perhatikan kondisi pakan dalam kemasan untuk pakan yang di kemas dalam kemasan tidak transparan bisa di lihat masa kadaluarsanya, ada beberapa perusahaan yang mencantumkan tanggal pembuatan dan tanggal kadaluarsanya dari pakan.

4. Ketersediaan di pasar
Ketersedian pakan di pasaran dan mudah untuk mendapatkannya merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam memilih pakan kenari karena berdasarkan pengalaman jika sulit mendapatkannya akan mempersulit peternak kedepannya. Seperti sudah saya sebutkan diatas ketika kenari gonta-ganti komposisi pakan akan mengalami masa penyesuaian yang kadang-kadang mengakibatkan kenari mabung.

Berbagai Model Kandang Penangkaran Kenari

July 27, 2011

1. Kandang Penangkaran – 1

Photobucket


2. Kandang Penangkaran – 2

Photobucket


3. Kandang Penangkaran - 3

Photobucket


4. Kandang Penangkaran - 4

Photobucket


5. Kandang Penangkaran - 5

Photobucket


6. Kandang Penangkaran - 6

Photobucket

Berbagai Model Sangkar Kenari

1. Sangkar Kenari – 1 (Sangkar Duduk)

Photobucket


2. Sangkar Kenari – 2 (Sangkar Gantung)

Photobucket


3. Sangkar Kenari – 3 (Sangkar Duduk)

Photobucket


4. Sangkar Kenari – 4 (Sangkar Gantung)

Photobucket


5. Sangkar Kenari – 5 (Sangkar Duduk)

Photobucket


6. Sangkar Kenari – 6 (Sangkar Gantung)

Photobucket


7. Sangkar Kenari - 7 (Sangkar Gantung)

Photobucket


8. Sangkar Kenari – 8 (Sangkar Duduk)

Photobucket


9. Sangkar Kenari – 9 (Sangkar Duduk)

Photobucket


10. Sangkar Kenari – 10 (Sangkar Gantung)

Photobucket

Hasil Pencarian

July 25, 2011




Perawatan Harian Burung Kenari

July 24, 2011

perawatan burung kenari pict
Burung kenari haruslah dijaga agar selalu sehat sehingga Si pemilik dapat menikmati keindahan burung ini, baik keindahan suara maupun bulunya.

Perawatan harian untuk burung Kenari relatif sama dengan burung berkicau jenis lainnya, kunci keberhasilan perawatan harian yaitu sabar, rutin dan konsisten.

Jenis perawatan ini meliputi beberapa hal diantaranya :

• Jam 07.00 wib burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 wib burung dimandikan (mandi di kandang umbaran atau disemprot)
• Bersihkan kandang harian. Ganti atau tambahkan pakan dan air minum (cuci tempat air minum).
• Berikan Sayuran segar atau Buah.
• Penjemuran dapat dilakukan selama 1 jam/hari mulai sekitar pukul 08.00-10.00 wib. Selama penjemuran sebaiknya jangan tinggalkan burung, untuk menjaga keamanan burung dari gangguan binatang lain atau kita kelupaan. Untuk burung kenari yang akan dimaster dengan suara burung lain sebaiknya satu dengan yang lain diusahakan tidak saling melihat.
• Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit. Untuk burung yang akan dimaster, setelah diangin-anginkan lalu sangkar dikerodong.
• Siang hari sampai sore (jam 10.00-15.00 wib) burung dapat di Master dengan suara Master atau burung-burung Master.
• Jam 15.30 wib burung diangin-anginkan kembali diteras.
• Kontrol pakan dan air minum.
• Jam 18.00 wib burung kembali dikerodong dan di perdengarkan suara Master selama masa istirahat sampai pagi harinya.
• Kroto segar dapat diberikan 1 sendok teh maksimal 2x seminggu.
• Telur Puyuh dapat diberikan 2x seminggu.
• Variasi pemberian sayuran segar dan buah-buahan adalah kunci keberhasilan dalam perawatan burung kenari.
• Asinan harus selalu tersedia didalam sangkar.
• Pengumbaran di kandang umbaran dapat dilakukan 4 jam perhari selama 4 hari dalam seminggu.
• Berikan Multivitamin yang dicampur pada air minum seminggu sekali saja.

Yorkshire Canary

burung kenari pict
Yorkshire Canary dikembangkan sebagai “type canary” dan merupakan hasil persilangan burung kenari lancashire dan burung kenari belgia. Bentuk Yorkshire terkadang digambarkan seperti wortel yang terbalik. Burung ini selalu berdiri tegak, dengan kaki panjang. Burung yang oleh orang Eropa sering disebut “The Guardsman” atau “Gentleman of the Fancy” ini memiliki panjang kira-kira 16 cm.

Kenari Yorkshire memiliki panjang terbesar dari semua varietas kenari tersedia saat ini. Panjang target adalah 6.75 inci dan kenari ini telah dibiakkan untuk memiliki dada besar dan bahu, pinggang sempit, dan sikap kaku tegak.

Lihat penampilanku disini

Lizard Canary

kenari lizard pict
Lizard Canary (Kenari Kadal) adalah salah satu jenis tertua dari kenari yang telah memiliki sejarah lama. Termasuk “type canary”, Lizard hampir punah pada awal 1900-an. Akibat adanya dua perang dunia dan wabah penyakit, populasi Lizard Canary berkurang hingga hanya menjadi beberapa pasang ketika mulai dikembangkan lagi pada pertengahan 1940-an. Berkat Lizard Canary Association di Inggris Raya, hari ini kenari Lizard bisa berkembang lagi dengan subur dan merupakan salah satu burung kenari..

Lizard Canary (kenari kadal) yang panjangnya sekitar 14 cm ini sangat identik dengan warna bulunya yang menyerupai sisik kadal. Bulu lizard didominasi warna kuning dan warna putih.Lizard Canary dikembangkan di Prancis pada 1700-an. Pada 1945, asosiasi penggemar Lizard dibentuk di Inggris dengan tujuan mengembangbiakkan lagi burung ini dan hari ini Lizard Canary merupakan salah satu jenis burung kenari yang cukup populer.

Kenari ini diberi nama Lizard untuk tanda-tanda yang indah - bulan sabit berbentuk noda hitam mengalir di punggung dan dada, yang menyerupai sisik kadal. Efek visual ini dikenal sebagai "spangling".

Kenari Lizard terdiri dalam 4 warna:

Kadal Emas
Kadal Perak
Kadal biru
Kadal Merah

Kenari Lizard ada yang memiliki warna berbeda diatas kepala seperti topi/cap ada yang tidak memiliki topi/non cap . Pada kenari Lizard jenis “cap” memiliki pola bulu melingkar tunggal di atas kepala, yang idealnya harus oval dengan tepi yang jelas, tetapi ada beberapa berbentuk lingkaran yang tidak teratur.

Penampilan Lizard



Kicauan Lizard

Fife Fancy Canary

July 22, 2011

kenari fife fancy pict
Fife Fancy Canary ini dikembangkan pada 1950-an oleh penangkar Skotlandia dan penangkar lain di kawasan yang disebut Fife. Burung fife fancy sebenarnya merupakan burung border tetapi ukuran badannya lebih kecil.

Fife Fancy Canary merupakan “type canary”, diternakkan dengan tujuan khusus untuk mendapatkan karakteristik fisik tertentu, daripada untuk menghasilkan warna atau suara nyanyiannya. Disebut demikian karena bentuk secara keseluruhan praktis sama, kecuali perbedaan ukurannya. Ukuran burung ini harus tidak lebih dan 11 cm. Burung ini sangat mudah diternakkan dan dapat memberikan variasi bulu yang sangat luas.

Lihat penampilanku disini

Sejarah Burung Kenari

burung kenari pict
Burung kenari (serinus Canaria) pertama kali ditemukan di kepulauan Canary oleh penjelajah perancis, Jean de Bethencourt pada tahun 1402. Terkesan karena keindahan bulu dan kemerduan suaranya, Jean de Bethencourt dan Henry the navigator membawa burung kenari liar ke Portugal dan Inggris.

Tahun1495 canary telah jatuh ke tangan spanyol dan sejak itu bangsa spanyol menguasai perdagangan kenari. Namun selanjutnya bangsa italia yang mengembangkan kenari dan mengekspornya ke berbagai negara Eropa seperti Jerman, Inggris dan Rusia.

Keanekaragaman burung kenari yang sekarang merupakan perkembangan keturunan kenari liar yang bernama latin Serinus Canaria. Banyaknya jenis burung kenari ini dipengaruhi kondisi alam atau karena kawin silang yang terjadi sejak lima abad yang lalu. Dalam perkembangannya kenari telah banyak diimpor dan dikembangbiakkan di berbagai negara, termasuk indonesia.

Selain itu burung kenari yang ada saat ini merupakan hasil rekayasa genetik yang dilakukan oleh para penyuka burung kenari selama berabd-abad lamanya. Karena itu saat ini sudah jarang burung kenari yang asli dari alam bebas.

Dengan rekayas genetika yang dilakukan oleh para pecinta burung kenari ini, terutama dari negara-negara Eropa, burung kenari telah bermutasi, dan telah dihasilkan berbagai strain burung kenari baru.

Di Jerman dikembangkan burung kenari jenis baru yang diberi nama German Hartz Roller canary (harzer Roller). Burung kenari ini juga biasa disebut kenari Harzer karena banyak dikembangbiakkan di pegunungan hartz.

Belgia sebagai negara tetangga jerman juga berhasil mengembangkan burung kenari penyanyi bersuara merdu sebagai jenis yang paling ngetren diarena kontes burung kenari penyanyi karena suaranya yang merdu dan memiliki sekitar 17 ragam suara. Burung kenari ini disebut Belgian Waterslager atau malinois, yang terkenal sebagai burung kenari penyanyi yang bersuara merdu.

Selain untuk dinikmati kemerduan kicauannya, burung kenari juga pernah digunakan dalam sistem peringatan dini untuk mendeteksi gas beracun, seperti karbondioksida, didalam penambangan batubabara di Britania Raya. Namun penggunaan kenari dipertambangan akhirnya dihapuskan dan baru berakhir pada tahun 1986.

Jenis kenari lain yang berhasil di kembangkan di Eropa, diantaranya YorkShire, Border, Lizard, dan Gloster. Negara-negara di luar eropa yang berhasil menciptakan jenis baru adalah
- Amerika Serikat dengan American Singer Canary
- Iran dengan Persian Canary
- Rusia dengan Russian singer Canary

Sedangkan indonesia termasuk negara penggemar kenari yang belum berhasil menciptakan jenis atau strain kenari khas indonesia.

Di indonesia burung kenari sudah lama dikenal dan penggemarnya sudah banyak mengawinsilangkan kenari yang bersuara merdu. Namun belum berani menampilkan jenis kenari hasil silangan yang menjadi ciri khas indonesia, seperti layaknya iran yang terkenal dengan kenari Persia-nya dan Rusia dengan Rusian Singernya .

Crested Canary

July 21, 2011

kenari crest pict
Kenari Crest atau Crested Canary termasuk “canary type”, jenis kenari ini tergolong cukup tua, sudah ada sekitar tahun 1950-an. Mula-mula di kenal dengan nama Turn crown dan pada permulaan abad ini dikenal sebagai King of the fancy (Raja Fantasi). Mahkota burung.ini haruslah besar dan mengembang dari tengah-tengah kepala dan mengembang ke depan sampai ke paruhnya hampir sejajar dengan matanya, sehingga hampir menutupi matanya. Mahkota ini juga mengembang ke arah belakang kepala.

Mahkota Crested Canary yang baik harus memiliki bentuk yang baik, luas dan tebal dengan bulu-bulu yang lebat dan lembut. Kenari mahkota adalah burung yang besar dan harus memiliki kepala yang besar, leher yang besar pendek dan badan bidang, sama seperti kenari norwich. Jenis crest ada yang mempunyai mahkota, tetapi ada pula yang memiliki kepala yang polos tanpa mahkota.

Jenis lain yang populer sebagai “type canary” crested (bermahkota atau berjumbai) jadalah Gloster Canary, Crested Stafford Canary, Crested Norwich Canary, dan Crested Lancashire Canary.

Lihat penampilanku disini

Color Bred Canary

July 18, 2011

kenari color bred pict
Color Bred Canary adalah salah satu jenis kenari yang paling populer dari semua burung kenari. Burung ini dipelihara orang di hampir seluruh pelosok dunia. Color Bred Canary adalah burung kenari yang memiliki postur tubuh kecil dan indah bagi mereka yang mengutamakan burung dengan penampilan warna yang khusus. Color Bred Canary tidak hanya cantik, tetapi juga aktif dan sangat menghibur. Burung yang menyenangkan ini cukup mudah dipelihara namun relatif tidak mudah untuk berkembang biak, sehingga memerlukan perhatian khusus jika kita ingin menangkar kenari warna agar tetap menghasilkan keturunan kenari yang juga berwarna-warni.

Color Bred Canary termasuk varietas burung kenari yang relatif baru, dikembangkan mulai pertengahan-1900. Hari ini ada beberapa ratus versi burung Color Bred Canary.

Border Fancy Canary

kenari border pict

Kenari Border pertama kali dikembangkan di perbatasan antara lnggris dan Skotlandia, burung ini kadang sering dikacaukan dengan kenari gloster, meski bisa dibedakan dari bentuk kepalanya. Di dalam lomba di luar negeri, bentuk bulat dari burung itu sangat menentukan hasil penilaian. Burung kenari border ini mencapai panjang 14 cm.

Border Fancy Canary termasuk “type canary” yang dikembangkan untuk menghasilkan kenari dengan fisik yang bagus dan bukan pada lagu. Dijuluki sebagai “Wee Gem”, burung ini menunjukkan postur yang kecil, cantik, bodi kompak dan kokoh. Memiliki tubuh bulat dengan bulu sangat mengkilap. Kenari ini paling banyak menampilkan warna kuning, meski juga ditemukan dalam berbagai warna lain.

Penampilanku Kenari Border

Gloster Fancy Canary

July 16, 2011

kenari gloster corona pict

Gloster Canary memiliki dua versi. Burung yang berjambul dikenal sebagai Corona sedangkan yang polos di kepalanya tanpa mahkota disebut Consort. Termasuk “type canary”, Gloster Fancy Canary tergolong jenis burung kenari baru. Kenari gloster tergolong kecil, dengan panjang badan tak lebih dan 11 cm. Kenari gloster sengaja diternakkan ke arah jenis yang kecil dan diusahakan agar selalu kecil, sehingga burung ini tidak boleh lebih dari ± 11 cm saat memasuki lomba di luar negeri.

Di dalam gambar-gambar yang dapat dijumpai di buku-buku mengenai burung kenari kita akan dapat melihat bahwa kenari ini memiliki warna kuning dengan bagian sayap putih atau kehijauan, sama seperti bagian ekornya. Pada kepala burung kenari gloster terdapat jambul (Gloster Corona), tetapi ada juga yang tidak berjambul (Gloster Consort).

kenari gloster consort pict


Penampilan Gloster



Kicauan Gloster

Belgian Fancy Canary

kenari belgian fancy pict

Belgian Fancy Canary (Serinus canaria domesticus) adalah salah satu jenis kenari yang memiliki posisi penting dalam sejarah perkembangan kenari karena menurunkan sejumlah varietas kenari yang paling populer saat ini. Pengaruh utamanya adalah pada pengembangan kenari “frill” dan kenari “postur”. Sebagai burung kenari “postur”, maka varietas kenari ini lebih ditekankan pada pengembangan penampilan fisik daripada warna atau lagu. Mereka dikategorikan sebagai kenari “postur” dengan postur tubuh membentuk punuk seperti separuh bulan yang terbalik. Burung “posture canary” lainnya yang terkenal adalah Scotch Fancy Canary dan Italian Gibber Italicus.

Belgian Fancy Canary mengesankan berpenampilan seperti burung cacat, kepalanya kecil seperti kepala ular. Kenari ini sulit diternakkan dan biasanya telurnya ditetaskan dengan memakai burung kenari lain (kenari babu). Burung ini relatif lebih sulit diternakkan dibandingkan dengan jenis kenari lain.

American Singer Canary

kenari american singer pict
American Singer Canary (Serinus canaria domesticus) digolongkan sebagai salah satu dari “song canary”, yakni diternak untuk menghasilkan kenari dengan suara yang merdu dan bukan pada penampilan fisik atau warna. Pada dasarnya, setiap “song kenari” harus memiliki tipe lagu yang khas, dengan standar lagu yang jelas dan berbeda dari varietas “:song canary” lainnya. Jenis kenari yang digolongkan ke dalam “song canary” lainnya adalah Roller Canary, Spanish Timbrado, Rusian Singer Canary dan Waterslager Canary.

American Singer Canary dikembangkan pada tahun 1930-an oleh sekelompok wanita yang kemudian dikenal sebagai “The Eight Boston House Wives”. Awalnya mereka melontarkan gagasan untuk mengembangkan kenari yang selain bentuknya indah juga memiliki lagu indah. American Singer Canary awalnya disebut “North American canary” dan dihasilkan dari silangan Roller Canary Jerman (30%) dan Border Canary (70%). Burung ini paling banyak menyebar di Amerika.

American Singer Canary mempunyai ukuran tubuh sepanjang sekitar 14,6 cm dan muncul dengan berbagai warna termasuk kuning, putih, hijau, biru, oranye, warna perunggu, coklat, coklat kekuningan, dan aneka warna lainnya.

American Singer Canary umumnya mudah untuk berkembang biak. Kebanyakan burung kenari berkembang biak dengan mudah dan cepat jika diberikan makanan yang berkualitas, pencahayaan yang cukup, dan lingkungan aman. Betina akan menghasilkan 3 sampai 6 butir telur.

tags: kenari, kenari american singer, jenis kenari

Kicauan American Singer