Kenari Lizard

Kenari Gloster

Kenari Border

Kenari Irish Fancy

Pengujian DNA untuk Menentukan Jenis Kelamin Kenari

September 29, 2011

DNA burung kenari pict

Kenapa Uji DNA?
Menentukan jenis kelamin burung kenari terutama pada burung-burung muda yang kurang dari 6 bulan kadang dirasa sulit. Tanpa mengetahui apakah burung Anda laki-laki dan perempuan sulit untuk menjualnya pada usia muda. Biasanya kita menjual lebih banyak laki-laki daripada betina dan tentunya dengan harga yang berbeda pula. Ada teknik baru yang dapat menentukan jenis kelamin burung menggunakan DNA dari bulu! Keakuratan teknik ini tentu sangat tinggi, sampai mencapai 99%.

Bagaimana cara kerjanya?
DNA adalah singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid. Ini kode genetik dari burung dan sama di setiap sel di seluruh burung. DNA ini berbeda pada laki-laki dan perempuan. Tes DNA menggunakan enzim yang spesifik untuk dapat menampilkan untai DNA. DNA pada titik-titik yang berbeda pada laki-laki daripada perempuan dan menghasilkan fragements DNA dari ukuran berbeda yang spesifik dari tiap jenis kelamin. DNA terfragmentasi diperkuat dengan PCR (yang hanya membuat lebih banyak DNA yang sama - yang diperlukan sehingga Anda dapat melihat DNA) dan kemudian dijalankan melalui gel agarosa (elektroforesis) yang memisahkan DNA berdasarkan ukurannya. Fragmen yang berbeda dilihat sebagai band.

Photobucket


Gambar di atas adalah gel dengan sampel DNA dari enam burung. Seperti yang Anda lihat, perempuan memiliki dua band dan pria memiliki satu. Standar berat molekul penanda dijalankan di jalur tangan yang sangat kiri untuk memastikan pemisahan yang baik. Dalam tes ini mudah untuk menentukan jantan dari betina. Kecuali jika sampel darah terkontaminasi darah lain atau kotoran, penentuan jenis kelamin pada teknik DNA ini sangatlah akurat.

Perawatan Khusus Kenari Merah

September 28, 2011

kenari merah pict

Jika Anda punya kenari merah (Red Intensif) dan ingin memelihara warna merahnya, maka mutlak Anda berikan pakan yang kaya akan beta-carotene. Minimal suplemen kombinasi antara beta-carotene dan canthaxanthin. Namun pemberian makanan tersebut hanya efektif ketika bulu sedang tumbuh, dan ini biasanya terjadi ketika burung sedang mabung/molting.

Banyak suplemen pewarna yang dijual secara bebas tetapi sangat berisiko bagi kesehatan burung. Makanan alami bisa digunakan untuk mengatur warna kenari, misalnya parutan wortel segar dan brokoli cincang (atau buah-buahan/sayur yang kaya akan beta-carotene lainnya).

Hasil dari pemberian makanan tersebut sangat tergantung pada seberapa banyak burung mengonsumsinya. Tetapi yang jelas, pemberian itu sangat berpengaruh dan bisa dibedakan secara nyata dengan kenari yang tidak diberi sama sekali makanan seperti itu. Di luar pemberian makanan seperti itu, perawatan kenari merah hampir sama dengan perawatan kenari lain pada umumnya.

Metode memunculkan warna merah secara alami
Beta-carotene merupakan faktor utama untuk menimbulkan dan/atau menjaga warna merah pada kenari merah. Zat itu bisa ditemukan pada beri, bit, ubi jalar, labu, tomat, ceri dan parutan wortel. Pemberian pakan alami sangat dianjurkan karena ini lebih bagus.

Metode memunculkan warna merah secara kimiawi
Ada tiga bahan kimia yang digunakan dalam makanan pada penangkaran kenari merah, yakni canthaxanthin, beta-carotene, dan jeruk carotenoids.

Menurut wikipedia, Canthaxanthin adalah pigmen carotenoid yang banyak tersebar di alam. Carotenoids termasuk dalam kelas phytochemicals yang dikenal sebagai terpenoids. Rumus kimia dari canthaxanthin adalah C40H52O2. Didapat dengan memisahkannya dari sejenis jamur. Zat ini juga bisa ditemukan pada alga hijua, bakteri, bakteri, krustasea, dan sejumlah jenis ikan seperti misalnya ikan emas dan karper. Di Inggris, canthaxanthin diperbolehkan untuk tambahan pakan unggas, beberapa saus, terutama untuk diekspor ke Perancis, dan jenis makanan lainnya, Di Uni Eropa batas tertinggi kandungan zat ini yang diperbolehkan adalah 80 mg/kg bahan makanan).

Canthaxanthin merupakan unsur terkuat untuk memunculkan warna. Beberapa peternak menggunakan canthaxanthin sebagai pewarna kimia untuk makanan burung. Ini memang bukan cara terbaik memang. Warna bulu pada burung yang hanya diberi pakan mengandung canthaxanthin hanya terlihat seperti merahnya batu bata (kusam).

Untuk menghasilkan warna merah yang cerah, perlu pemberian makanan kombinasi canthaxanthin dan beta-carotene dengan perbandingan 50:50. Dengan cara itu, bulu burung akan menjadi cerah. Campuran dua zat tersebut perlu terus disediakan dalam minuman burung selama mabung.

Pencampurannya ke dalam air adalah sebanyak satu sendok teh (campuran canthaxanthin dan beta-carotene) untuk setiap satu setengah galon air. Gunakan air untuk minuman burung sementara lainnya bisa disimpan dalam lemari es.

Canthaxanthin dan beta-carotene juga bisa diberikan kepada anak burung. Masukkan sesendok teh campuran canthaxanthin dan beta-carotene ke dalam satu kilogram air matang yang sudah dingin.

Campuran canthaxanthin dan beta-carotene sering dijual dengan beberapa zat tambahan seperti sukrosa, dektrosa, atau jenis pemanis lainnya serta vitamin C dan B. Tetapi zat tambahan itu sesungguhnya tidak berpengaruh pada tujuan pembentukan dan pemeliharaan warna pada kenari merah.

Tips Merawat Burung yang Baru Tiba Dari Pengiriman

Pengiriman burung pict

Bagi penghobi burung seperti saya ini yang tinggal di Kalimantan, untuk mendapatkan jenis burung kenari tertentu tidaklah mudah karena saya harus mencari di luar kota, tentu hal ini melibatkan jasa pengiriman atau ekspedisi dengan konsekuensi terjadinya stress bahkan kematian pada burung yang dikirim. Untuk menghindari terjadinya stress yang berkepanjangan atau kematian burung ada tips yang diberikan dari seorang sahabat kenari mania dari kota Bandung Bapak Barran Hamiman.

Tips beliau adalah sebagai berikut :
• air minum dikasih antibiotik
• bersihkan sangkar yg mo dipake trus semprot pake disinfactant
• ga boleh kena angin
• mlm dikerodong
• antibiotik dlm tempat minum 2 hari dr pagi ampe siang
• trus ganti pake air biasa matang
• setelah 2 hari itu ganti ma vitasol
• cara nya persis kata pake antibiotik td
• sama 2 hari jg
• trus ganti lg sama mineral
• sama seperti kasih antibiotik dan vitasol/vitamin itu
• sisa nya air matang
• antibiotik minimal 1 x seminggu

Catatan :
- vitasol adalah vitamin untuk burung yang bisa diganti dengan merk yang lain asal berkualitas
- Antibiotik yang bisa digunakan seperti Sulfamix, Tetra-Chlor, dll

Tips Mempercepat Merontokkan dan Menumbuhkan Bulu Burung


Saya ingin bagi2 pengalaman saya tentang menumbuhkan bulu yg susah (udah 2 th lebih bulu gak tumbuh2), bulu tua tidak rontok2,atau bulu yg nyulam.....semoga bisa berhasil.

Cara saya adalah:

1.pake air kelapa yg udah tua...(bukan kelapa muda)
2.semprotan burung
3.karamba
-masukin air kelapa di semprotan burung
-masukan burung di dalam keramba (keramba burung di isi oleh air yg hangat suam2 kuku)
-semprot burung dengan air kelapa tsb sampai benar2 basah kuyub,apabila burung mandi biarkan mandi di dalam karamba,yg penting udah di semprot air kelapa samapai basah sah sah sah...
-jemur burung sesaat ( lalu angin2 kan sampe agak kering) terus di kerodong.
-ulangi cara tersebut sampai ketemu hasil nya...paling cepat 1-2 minggu udah kelihatan hasil nya...
- jangan menyemprot air kelapa di sangkar burung tsb karena mengundang semut.
-sisa air kelapa bisa di masukan ke kulkas dan di pakai lagi ke esok kan nya ( yg penting kelapa tua)

SEMOGA BERHASIL TIPS TERSEBUT
saya tidak menjamin 100% berhasil cuman pengalaman saya berhasil menggunakan itu ...untuk AK saya waktu itu butuh 2bulan (setelah tidak keluar bulu dari leher sampai kepala selama 3th)
saya pernah berhasil untuk burung AK,AM,Kenari,Tledekan....yg lain belum pernah saya coba.

Salam saya untuk kicau mania

R.Aris-Bumen Bc
emon-2003@plasa.com

Sistem Perjodahan dalam Beternak Burung Kenari

September 26, 2011

perjodohan kenari pict
Ada dua sistem penjodohan dalam beternak burung kenari, yaitu monogamy dan poligami, monogami adalah proses penjodohan dengan sistem berpasangan dimana 1 jantan dan 1 betina disatukan dalam 1 kandang ternak, pasangan ini terus disatukan sampai salah satu diantara pasangan tersebut ada yang mabung atau sakit baru dipisah.

Sistem poligami yaitu 1 jantan di jodohkan dengan beberapa betina, atau sebaliknya satu betina dikawinkan secara bergantian (tentunya setelah selesai mengeram) dengan beberapa pejantan. Cara kawin poligami bermacam-macam ada yang jantan dan betinanya disatukan sampai si betina mengeram, pada saat betinanya mengeram jantannya dipisahkan dan dijodohkan dengan betina lain yang sudah siap ternak. Ada juga yang si jantan dimasukkan ke kandang ternak pagi hari kemudian sore harinya dipisah. Ada juga yang memasukkan jantan ke kandang betina hanya pada pagi hari sekitar jam 07.00 dan malam hari sekitar jam 20.00, memang ada bermacam cara untuk mengawinkan pada sistem poligami ini.

Kedua sistem (poligami maupun monogami) mempunyai keuntungan dan kerugiannya, keuntungan monogami yaitu indukan jantan tidak diporsir, anaknya relative lebih baik karena dipelihara oleh kedua indukannya dll. Kerugiannya kurang ekonomis karena membutuhkan banyak pasangan indukan, membutuhkan pakan dan sarana penunjang yang lebih banyak dll. Keuntungan sistem poligami lebih ekonomis 1 jantan bisa dijodohkan dengan beberapa betina, jika perawatannya betul kesehatan kenari jantan relative lebih baik karena kenari jantan tidak selamanya didalam kandang ternak setelah mengawini betinanya si jantan dipisah. Kerugian jika penangannya salah stamina jantan terporsir karena dijodohkan dengan beberapa betina, jika diporsir stamina jantan akan drop. Tentunya masih ada lagi keuntungan dan kerugian masing-masing system perjodohan tersebut, akan kita temukan setelah kita menjalani sebagai peternak.

Semua cara diatas dilakukan setelah si peternak mengetahui dari karakter kedua indukan, karakter kenari jantan bermacam-macam ada yang ketika dimasukkan kandang ternak langsung mengejar betinanya untuk kawin, ada jantan yang adem-ayem ketika dimasukkan ke kandang ternak cuek bebek, ada juga jantan yang kurang ajar ketika dimasukkan ke kandang ternak malah berantem dengan betinanya. Demikian juga dengan karakter kenari betina ada beberapa indukan betina ketika jantannya dipisah keluar sarang dan tidak mau mengeram, ada betina yang sedang mengeram ketika mendengar jantan berkicau keluar dari sarang.

Untuk menanggulangi semua kasus diatas kita sebagai peternak harus mendalami karakter indukan kenari yang akan diternak, dengan mengetahui karakter setiap individu maka penanganan setiap indukan berbeda. Penanganan yang terbaik adalah menyesuaikan karakter indukannya, jika ada betina ketika dipisah dengan jantannya keluar sarang dan tidak mau mengeram berarti induk betina ini tidak bisa di poligami. Untuk jantan yang terlihat adem ayem kalau ingin dipoligami dipisah ketika induk betinanya sudah mengeram.

Sharing ini saya ambil dari pengalaman mas sofyan dengan sedikit perubahan redaksi untuk menambahkan beberapa pengalaman pribadi dan para peternak burung kenari yang lain, semoga bermanfaat.

Menentukan Jenis Kelamin Burung Kenari (Sexing)

September 22, 2011

sexing burung kenari pict
Ada banyak cara dalam menentukan jenis kelamin burung kenari. Apabila kita sudah terbiasa menangkarkan burung kenari dan sudah banyak telur-telur yang siap menetas maka semakin dini anda dapat menganalisa jenis kelamin kenari muda (piyek) maka akan lebih baik.

Namun, menentukan jenis kelamin burung kenari (sexing) harus dianggap sebagai suatu proses yang serius, untuk menghasilkan analisa yang akurat sebaiknya diperlukan lebih dari satu potong bukti dengan mempertimbangkan isyarat visual dan perilaku burung. Saya akan memberikan beberapa tips dalam menentukan jenis kelamin burung kenari berdasarkan pengalaman pribadi maupun mengambil pengalaman dari para peternak lain:

1. Sejak usia 3 - 7 hari pembuluh vena di sebelah perut akan turun menuju “ vent ( lubang angin / dubur ) dan akan menuju bagian depan dari “ vent “ yang ada dibagian depan “vent ,ini nampak pada burung kenari jantan yang masih muda. Tapi pembuluh vena ini tidak akan tampak pada kenari betina. Walaupun pembuluh ini ada di seluruh kenari jantan , akan lebih baik jika menganalisanya sebelum kenari jantan tersebut tumbuh bulu. Cara indentifikasi ini yang paling sering dilakukan para peternak dan tingkat keakuratannya 99%.
menentukan jenis kelamin burung kenari-sexing pict

Untuk kenari jantan akan tampak pembulu vena di sebelah perut menuju vent/dubur


2. Pada 5- 8 hari ,ambil semua anak-anak kenari yang terdapat pada sarang yang sama (satu indukan ) taruh diatas handuk dan sejajarkan seperti posisi kuda balap yang ada pada pacuan kuda. Burung yang melompat dan berlari ke depan adalah kenari jantan.

3. Burung-burung tersebut jika diperhatikan mempunyai pusat kaki bawah yang panjang sementara yang lainnya punya 3 telapak kaki yang memiliki panjang yang sama. Salah satu yang memiliki pusat kaki yang panjang akan sulit untuk bergabung dengan yang lain dan ini adalah kenari jantan. Kenari betina lebih mudah untuk bergabung karena ketiga telapak kakinya memiliki ukuran yang sama.

4. Liatlah bagian tulang belakang mereka. Disepanjang tulang belakang kenari jantan warnanya lebih kaku dan lebih pekat . Untuk yang betina warnanya kaku dan pekatnya tidak sampai sepanjang tulang belakang. Dengan cara itu bisa di identifikasi .

5. Sebelum anaka-anak kenari tersebut berbulu. Liatlah ke bagian kepala mereka. Untuk yang jantan lebih pipih ( datar ).Untuk yang betina lebih bulat. Identifikasi ini yang sering penulis lakukan dan tingkat keakuratannya 90%.

6. Sekitar usia 6 – 7 hari anak-anak kenari tersebut mulai membuka mata. Jika jantan maka matanya sejajar dengan paruhnya. Untuk yang betina, letak mata diatas paruh yang menyebabkan tampilan kepalanya lebih bundar.

7. Ketika anak-anak kenari diberi makan disarangnya oleh induknya .perhatikan tingkah laku anak2 tersebut. Yang berdiri paling tinggi , teriak paling keras dan yang paling ingin diberi makan duluan itu berarti yang jantan. Yang betina kakinya lebih pendek makanya mereka tidak berdiri tinggi dan karenanya mereka diberi makan lebih sedikit dibanding yang jantan.

8. Usia 28- 30 hari beberapa kenari2 muda terlihat mempraktekkan suara mereka untuk berkicau dengan baik. Bukan yang paling awal berkicau itu yang terlihat paling baik ,burung 2 tersebut hanya suka berlatih berkicau lebih awal saja.

9. Sekitar 5 bulan atau 5 bulan lebih 2 minggu, kenari jantan bisanya warnanya lebih terang. pada bagian tertentu warnanya lebih tajam khususnya dibagian dekat kepala. Pusat kepala pada burung kenari betina yang berwarna kuning akan menjadi sangat terang.

10. James Anagnos juga menemukan cara yang sangat tidak biasa tentang sexing burung kenari muda yang masih di sarangnya: "Sexing kenari sangat mudah dilakukan ketika burung-burung muda masih di sarang, ketika bulu burng masih terlihat seperti sedotan. Hanya tekan sarang dengan jari Anda dan burung-burung betina hanya akan tinggal di sana melihat Anda, sementara burung laki-laki semua akan meletakkan kepalanya ke bawah dan menempel pada pantat mereka. Ini adalah 100% sangat mudah, setiap burung yang meletakkan kepala ke bawah adalah. laki-laki."

11. Seandainya usia 6 bulan belum ketahuan jenis kalaminnya, kenari-kenari yang dicampur diantara kenari-kenari yang lain maka kenari betina akan duduk lebih rendah dikarenakan struktur badannya. Dan juga biasanya kenari betina akan berkelahi dengan kenari jantan ketika ingin berkicau atau mempraktekan suaranya. Meskipun sang betina dalam kondisi tidak sedang dalam masa bertelur dan ini hanya sekedar ingin berkicau saja.

ciri kenari jantan pict

Kenari Jantan:
1. Mempunyai dubur yang runcing/lancip (mutlak). Ini yang sering disebut sebagai "pen"
2. Kicaunya/ngocehnya bervolume lebih lantang/keras dan lebih panjang daripada kenari betina
3. Jika masih berumur muda (1-4 bln) kenari jantan akan lebih sering ngriwik daripada
kenari betina.

ciri kenari betina pict

Kenari Betina:
1. Mempunyai dubur yang realatif tumpul (mutlak). Jika dalam masa birahi/siap kawin maka bagian perut betina akan terlihat lebih mengembang daripada perut kenari jantan
2. Betina pun kadang bisa ngoceh, namun yang paling membedakan adalah biasanya kenari betina memiliki volume ralatif jauh lebih pelan daripada kenari jantan dan durasi yang pendek.
3. Kerap kali saat berumur muda kenari betina jarang ngriwik.

Apabila ada tambahan pengalaman tentang sexing dari teman-teman pecinta burung kenari, silahkan berbagi disini guna menambah keakuratan dalam penentuan jenis kelamin burung kenari.

Semoga bermanfaat.

Pakan Biji-bijian Untuk Burung Kenari

September 20, 2011

Pakan biji-bijian yang dapat diberikan untuk burung kenari cukup banyak jenisnya dan mudah diperoleh di pasaran. Ada yang dalam bentuk kemasan, ada pula yang dibuat sendiri oleh para pedagang pakan atau oleh perusahaan pakan burung, dan ada pula pakan impor.

Bila digunakan pakan kiloan perlu diperhatikan kualitasnya karena sering tercampur kotoran. Pakan perlu dibersihkan dengan cara merendam dalam air, membuang biji-biji yang mengapung di atas air.

Kualitas biji dikatan baik jika masih bisa berkecambah (hidup) dan dapat ditandai dengan akan tenggelam jika biji tersebut direndam dalam air.

Berbagai jenis biji-bijian yang dapat diberikan untuk burung kenari diantaranya sebagai berikut :

1. Biji Kenari (Kanarium Memmum)
Biji Kenari PictBiji kenari dihasilkan dari salah satu jenis tanaman sebangsa rerumputan dan selalu diutamakan untuk dijadikan pakan burung kenari. Biji kenari yang kurang bagus kualitasnya berwarna krem keabu-abuan, sedangkan yang baik berwarna abu-abu kehitaman dan isinya cukup padat. Kandungannya adalah : 14,4% protein, 6,4% lemak dan 55,3% hidrat arang.

Biji kenari sangat baik diberikan pada saat kenari memasuki masa kawin dan pada saat akan dikonteskan. Walaupun kulit biji kenari ini agak liat dan keras sehingga sulit disisil oleh anakan kenari, sebaiknya biji ini tetap diberikan sebagai campuran utama pakan agar lebih dikenal oleh anak-anak kenari.

2. Biji Milet (Gierst / Panicum Miliaceum)
Biji Milet PictMilet dapat diberikan pada burung kenari, tetapi kurang disukai karena rasanya agak pahit, biji didalamnya tidak begitu besar. Milet yang ada di pasaran berwarna putih dan merah kecoklatan. Ada pula milet yang diimpor terutama dari Australia. Kandungannya adalah protein 11,3% lemak 4,2% dan hidrat arang 60,5%.





3. Biji Jewawut (Panikum Viride)
Biji Jewawut PictBiji Jewawut local warnanya coklat, dijual dalam bentuk pipilan atau masih pada malainya. Pemberian jewawut local bila terlalu banyak dan berlebihan kurang baik karena burung menjadi cepat gemuk sehingga malas bergerak dan kurang rajin berkicau. Kandungannya adalah 9,8% protein, 75% hidrat arang dan cukup banyak mengandung zat kapur yang sangat dibutuhkan burung terutama pada saat bertelur.

Jewawut impor dikenal sebagai jewawut Bangkok, warnanya merah bata, ukurannya lebih besar dari jewawut local. Walaupun kurang disukai kenari, tetapi jewawut dapat dijadikan pakan alternative bila biji-bijian sulit ditemukan di pasaran. Pemberian jewawut local disarankan hanya pada burung kenari muda yang masih dalam tahap pertumbuhan.

4. Biji Lobak (Raphanus Satipas)
Biji Lobak PictBiji lobak dapat diberikan pada burung kenari dan sifatnya basah, mudah disisil, sangat disukai burung di musim panas. Bijian ini mudah diperoleh di pasaran.

Meskipun kenari sangat menyukai biji lobak, tetapi jumlah yang diberikan perlu dibatasi karena mengandung kadar lemak cukup tinggi. Pada kenari dewasa cukup diberikan 5% saja dari total campuran pakan bijian, dan pada kenari muda yang dalam proses pertumbuhan dapat diberikan 10% dari total campuran pakan bijian.

Biji lobak sebaiknya tidak diberikan pada kenari yang sedang mengalami ganti bulu (mabung) karena dapat memperlambat burung untuk berkicau kembali. Jika ingin tetap memberikan cukup 2 – 3% saja dari total campuran pakan bijian dan sebaiknya tidak setiap hari.

5. Biji Bunga Matahari (Helianthus annuus L.)
Biji Bunga Matahari PictBiji bunga matahari mengandung lemak dan baik untuk menyuburkan dan membuat bulu burung kenari berkilau. Kandungan minyaknya dapat memperlancar proses produksi telur pada kenari yang ditangkarkan.

Biji bunga matahari yang diberikan kepada burung kenari sebaiknya yang berbentuk pipih karena kadar lemaknya lebih rendah daripada yang lonjonh agak bulat bergaris. Sebelum diberikan, kulitnya dikupas dahulu dan dipotong-potong kecil. Jangan memberikan biji bunga matahari yang sudah dibuat kuaci sebab kadar garamnya membahayakan suara kenari.

6. Biji Selada (Lactuca Satipa)
Biji Selada PictBiji ini adalah biji dari pohon selada. Warnanya hitam, bentuknya kecil gepeng agak memanjang. Biji ini dapat memmengaruhi warna bulu menjadi kehijauan, karena itu baik untuk kenari yang berbulu hijau.






7. Biji Sawi (Brassica Rugosa)
Biji Sawi PictYaitu biji dari pohon sawi. Warnanya hitam, bentuknya bundar sebesar biji jewawut, kulitnya tipis dan agak sulit dikupas. rasanya agak pahit. khasiatnya baik untuk Kenari karena banyak mengandung Vitamin A.






8. Linseed / lijnsaad (Linim Usitatissimum)
Linseed PictKandungannya adalah 21,9% protein, 34,6% lemak dan 24,6% hidrat arang. Suka diberikan sewaktu-waktu saja terutama dimusim hujan atau dimana udara sangat dingin.







9. Fumayin / biji hennep (Cannabis Sativa)
Fumayin PictTermasuk dalam keluarga ganja karena mengandung candu. Bentuknya seperti merica hanya kulitnya keras dan licin berwarna putih gading. Karena kerasnya kenari tidak mampu memecahkan kulitnya dengan demikian perlu kita pecahkan terlebih dahulu sebelum diberikan untuk kenari (pada kenari besar seperti YS, dapat memecahkannya sendiri). Rasanya enak dan gurih serta mengandung banyak lemak makanya kenari cepat gemuk apabila terlalu banyak mengkonsumsinya. Baik diberikan untuk membangkitkan birahi kenari (untuk ternak maupun untuk lomba) karena mengandung zat perangsang/candu/doping.

10. Haver (Avena Sativa)
Haver PictYaitu tumbuhan semacam jewawut. Kareana kulitnya keras baik untuk menumpulkan ujung paruh yang terlalu runcing, apabil ditumbuk akan mudah dicerna oleh kenari dan merupakan obat sakit perut / baik untuk pencernaan. Kandungannya adalah 11,3% proyein, 5,6% lemak dan 56,9% hidrat arang

London Fancy Canary

London Fancy Canary Pict
London Fancy Canary disebutkan telah punah, dan burung kenari ini susah ditelusuri asalnya. Burung ini benar-benar sangat cantik. Bulunya berwarna keemasan yang cemerlang dengan sayap dan ekornya berwarna hitam, yang menaggalkan kontras yang sangat mengesankan. London Fancy Canary tergolong jenis kenari Inggris yang sudah tua sekali, dan aslinya memiliki bintik-bintik hitam.

Cinnamon Canary

Cinnamon Canary Pict
Kenari Cinnamon ini mempunyai kesamaan dengan kenari Norwich dan tergolong burung yang menarik. Burung ini mempunyai bulu yang tebal dan mempunyai bentuk yang serba “bulat”. Dengan dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek dan ekor pendek, serta paruh juga pendek. Banyak dari burung Cinnamon ini yang memiliki warna hijau yang menanik. Kenari Cinnamon jarang yang berwarna putih. Panjangnya antara 15—16 cm.

Waterslager Canary

September 6, 2011

Waterslager Canary pict
Popularitas Waterslager Canary memang terkenal sepanjang sejarah dan terus berkembang dengan sifat seperti yang diharapkan sejak burung ini “dicipta”. Burung ini terkenal dengan lagunya yang menyerupai riak dan tetes air, denting bel dan siulan seruling. Meskipun suaranya tidak sekeras beberapa jenis kenari lain, Waterslager mampu menyuarakan lagu lembut (ke arah medium), dan lagunya nyaris menenggelamkan popularitas lagu semua jenis kenari nyanyian atau “song canary”.

Pada dasarnya Waterslager dikembangkan dan dipelihara untuk mendapatkan anak atau keturunan yang juga memiliki keseimbangan antara kualitas suara dan lagu khas Waterslager. Beberapa burung lain yang dikembangkan sebagai “song canary” adalah kenari Roller, American Singer, Rusian Singer, dan Spanish Timbrado.

Kicauan Waterslager

Stafford Canary

Stafford Canary pict
Stafford Canary memiliki sejarah perkembangan yang unik. Standar dari pengembangan kenari Stafford sudah ditentukan sebelum burung ini mulai dicoba diternakkan. Bermula pada tahun 1970-an, ada sebuah kelompok penangkar kenari yang saat itu mengembangkan kenari warna yang ada di daratan Eropa. Kelompok yang bernama Deutche Koife ini tertarik untuk menciptakan varietas “type canary” warna (terutama red dan rose) tetapi juga berjambul. Akhirnya mereka menentukan sendiri standar untuk burung yang disebut Stafford Canary, yakni persilangan antara Gloster dan kenari Red Factor.

Stafford Canary kemudian muncul dengan branding tersendiri, ada yang berjambul dan ada pula yang polos tetapi berwarna dasar merah dan rose. Stafford Canary yang tercipta kemudian memang indah dan sangat digemari para peternak kenari di Eropa.

Kicauan Stafford

Irish Fancy Canary

September 5, 2011

irish fancy canary pict
Irish Fancy Canary adalah jenis kenari yang dibesarkan di Irlandia pada tahun 1970-an. Burung kenari ini dibesarkan dari jenis "Roller Irlandia". Mereka mirip dalam penampilan dengan burung kenari lain tetapi klub Irish Fancy Canary resmi menandai kenari ini pada kriteria sebagai berikut :

1. Kepala: kecil sempit dan rapi naik sedikit dari paruh kecil dengan mata jelas terlihat.
2. Bodi: lebar di bahu satu dan seperempat inci. Meruncing dalam proporsi tubuh.
3. Sayap: dekat leher kelihatan seperti dilipat.
4. Ekor: erat dan juga seperti dilipat.
5. Bulu: penampilan jelas pada warna alami.

Irish Fancy Canary cukup baik sebagai hewan peliharaan. Mereka adalah burung yang cukup kecil, ukurannya pada saat dewasa hanya 5 inci. Karena burung kenari ini sangat kecil, mereka tidak perlu kandang sangat besar.

Lihat penampilanku disini

Lancashire Canary

September 4, 2011

Lancashire Canary Pict
Lancashire Canary adalah jenis kenari yang terbesar di Inggris. Jenis ini sekarang sudah jarang dijumpai dalam bentuk aslinya. Burung ini lebih banyak disilangkan dengan jenis lain untuk mendapatkan badan yang besar. Jenis ini ada yang memiliki mahkota atau jambul yang di sebut lancashire coppy, dan ada pula yang kepalanya polos dan disebut lancashire plain head.

Lihat penampilanku disini

Spanish Timbrado Canary

Spanish Timbrado Canary pict
Spanish Timbrado Canary termasuk varitas baru dari jenis “song canary”, dikembangkan di Spanyol pada 1940-an dan 1950-an. Bentuk fisik burung ini menyerupai bentuk asli burung kenari alam karena memang merupakan persilangan antara kenari liar dengan burung finch kicauan Spanyol. Kombinasi dari mereka menghasilkan burung yang memiliki nyanyian yang sangat unik. Nama burung ini, seperti halnya suaranya, mengingatkan kita pada ketukan castanyet Spanyol. Meskipun keras, suara burung ini tidak terlalu berisik.

Meski dikenal dengan lagunya yang bagus, burung ini bisa dinikmati pula pada tampilan fisiknya yang cantik. Mereka dikembangbiakkan dari indukan dengan berbagai variasi warna dan memiliki nyanyian yang kristal. Kenari Spanish Timbrado yang baik harus memiliki keseimbangan antara kualitas suara dan variasi lagu. Burung ini memiliki standar suara yang berbeda dengan “song canary” lainnya seperti kenari Roller, American Singer, Russian Singer, maupun Waterslager.

Penampilan dan Kicauan Timbrado