Kenari Lizard

Kenari Gloster

Kenari Border

Kenari Irish Fancy

Cara Merawat Kenari yang Stres dan Macet Bunyi

January 2, 2012

kenari macet bunyi pict

Cara merawat burung kenari yang mengalami stress dan juga macet bunnyi memang perlu perhatian ekstra, yang perlu diingat adalah stress pada burung kenari tidak hanya mengidap pada kenari jantan saja namun juga kenari betina.

Kecenderungan seekor burung untuk menjadi stres dipengaruhi oleh banyak faktor. Dalam burung kenari beberapa faktor yang dapat menjadikan stress adalah:

* Lingkungan yang terlalu bising dan ramai. Situasi ini sangat memicu kenari untuk stress. Lingkungan ramai seperti di pinggir jalan raya, di tengah area konstruksi dan pembangunan serta area dengan tingkat lalu lalang yang tinggi perlu dihindari.

* Suhu dan cuaca yang tidak baik, misalnya saja terlalu panas atau terlalu dingin. Dalam situasi ini biasanya kenari akan mengalami macet bunyi, kurang lincah bahkan jika terlalu lama akan menimbulkan penyakit hingga kematian.

* Suara burung lain juga turut memicu stress pada kenari. Hal ini terbukti karena beberapa pengalaman membuktikan bahwa kenari jantan mereka mengalami macet bunyi dan stres akibat didekatkan dengan burung lain yang lebih besar dan lebih "fighter".

* Berdekatan dengan hewan lain, misalnya saja letak kandang yang kurang baik. Hal ini memungkinkan hewan lain seperti kucing, anjing, tikus, tokek dll dapat mengganggu kenyamanan si burung.

* Kenari jantan yang terlalu birahi pada taraf tertentu akan lebih cepat mengalami stress. Biasanya burung akan sangat hiperaktif dan tidak terkendali.

Berikut ini beberapa cara mengatasi kenari yang stres dan macet bunyi:

* Jauhkan dari tempat/lingkungan yang bising, terlalu panas dan terlalu dingin. Hal ini dapat berlaku juga jika kenari betina tidak mau mengerami telur dan tidak meloloh anak-anaknya.

* Letakkan sangkar/kandang di tempat yang jauh dari hewan pemangsa. Biasanya orang meletakkan sangkar atau kandangnya di tempat yang agak tinggi. Jauhkan juga dari beberapa burung yang berkompeten untuk membuat kenari anda menjadi stress. Catatan: tidak semua burung mampu membuat kenari menjadi stress.

* Jika burung terlalu birahi sebaiknya dikawinkan.

* Jika kenari terlihat stress tanpa sebab, bisa jadi itu adalah sifat bawaan. Solusinya adalah dengan teknik kerodong sangkar dan pencelupan kepala kenari ke dalam air selama 1 detik.

Kenari macet bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya saja akibat terkena penyakit, sedang mabung ataupun stress. Adapun cara mengatasi kenari macet bunyi akibat stress adalah sebagai berikut:

* Dengan cara suntik. Cara ini dipakai bila si pemilik burung merasa sangat frustasi dengan keadaan burungnya dan tidak ada jalan keluar lagi.

* Penjemuran yang teratur dan pakan yang baik serta sehat. Ini penting karena beberapa kenari macet dipicu pakan yang tidak baik dan tidak sehat.

* Teknik mandi atau penyemprotan kepada burung dapat membantu menyegarkan kondisi burung.

* Didekatkan dengan burung gacor lainnya. Ternyata, teknik ini pun bisa berguna untuk mengatasi kenari yang macet.

* Konsumsi multivitamin perangsang birahi. Hal ini mampu merangsang kenari agar rajin bunyi dan mendongkrak stamina.

* Burung bisa juga dikerodong, hal ini dilakukan agar burung merasa dalam kondisi yang tenang dan lebih nyaman.

Semoga bermanfaat ...





Cari Artikel Seputar Burung yang Anda Inginkan Disini

10 comments:

Danank Oke said...

Maaf baru pemula
Kenari saya tuh 2 bulan yang lalu udah ngeriwik tapi sekarang kok malah ndak mau bunyi sama sekali, tapi pas saya pegang ternyata ada sejenis kutu hitam kecil di dalam bulunya yang banyak.
saya ingin bertanya gimana perawatannya agar kenari saya tidak ada kutunya dan mau bunyi lagi.
Mohon infonya sebelumnya TERIMA KASIH...

January 27, 2012
syanur said...

memang kutu juga dpt membuat kenari stres yg berakibat burung berhenti bunyi, utk kenari yg sdh terlanjur kena kutu jgn campur dg kenari lain. segera obati dg obat anti kutu.
-utk obat kimia bnyk dijual di kios2 burung.
-utk obat alami, pakai air daun sirih: rebus 7-10 helai daun sirih dengan air sebanyak 1 liter (4 gelas ukuran normal). Setelah direbus sampai air berwarna hijau gelap (1 liter) diangkat dan didinginkan Air itu bisa disemprotkan ke burung secara merata sampai burung bnr2 basah.
smg kenarinya cpt bernyanyi kembali...

February 09, 2012
Anonymous said...

DISEMPROT DENGAN ANTISEP AJA GAN,PAGI N SORE SAMBIL MEMANDIKAN UNTUK MENGHILANGKAN KUTU YANG JAHAT N JELEK TSB. ANTISEP BELI DITOKO OBAT2AN TERNAK.

May 31, 2012
ternak kenari lokal said...

om gmn y ngarasi kenari betina galak.. dan klo djodohkn sukar untuk berjodoh. trmksh om sblmnya

June 09, 2012
pesona kenari said...

Untuk menjinakkan prilaku kenari yang galak cukup rajin dimandikan, mandikannya jangan disemprot tp dipegang dan dielus-elus. Jika memang berencana mau di jodohkan ksh suplemen utk birahi, saya biasa pakai vitalur, kalo mau alami ksh tepung cacing dg cara mencampurkan pd makanannya. Smg si betina yg galak jd lemah lembut dan cpt birahi..

June 10, 2012
style yamaha said...

Trimsss infonya gan.. Bermanfaat nie bt kenari saya

June 24, 2012
Mang uem said...

thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu....

September 21, 2012
Anonymous said...

punten bang sya punya kenari oren.. sya beli kata si penjual suadah 1 tahun umurnya.. turus skarang di sya sudah 2 bulan jalan.. permaslahanya g ngriwik2.. pdhal jantan.. itu gmana caranya br cpt bnyi bang ? trmksh

September 22, 2012
Anonymous said...

oh iya.. apa si cara yang paling alami biar burung cepet bunyi gacor ? mksh sblum.y

September 22, 2012
pesona kenari said...

rajin dimandikan, rajin dijemur, rajin dilatih dengan master kicau kenari bs dari kaset atau didekatkan dengan kenari lain yang sdh bunyi(dg tdk saling melihat)

September 22, 2012

Post a Comment