Kenari Lizard

Kenari Gloster

Kenari Border

Kenari Irish Fancy

Kandang Perawatan Kenari Yang Sakit

February 22, 2012

kandang-perawatan-pict

Pada saat burung kenari kesayangan kita sakit, perlu adanya kandang khusus untuk perawatannya. Keberadaan kandang khusus perawatan ini mempunyai manfaat yang sangat penting, antara lain adalah mencegah terjadinya penularan penyakit yang dibawa oleh burung kenari yang sakit ke burung kenari yang lain, hal ini jangan pernah disepelekan oleh para pemilik burung kenari, ibarat pepatah jangan karena nila setitik rusak susu sebelanga, artinya jangan karena satu burung yang sakit membawa kematian bagi burung lainnya.

Manfaat berikutnya dari kandang khusus perawatan ini adalah memberikan rasa hangat dan nyaman bagi si burung karena dia berada dalam ruang yang tertutup dengan dilengkapi penghangat dari lampu pijar.

Untuk desain dari kandang perawatan hampir sama dengan kandang untuk penangkaran yang berbentuk kotak/box, hanya saja ukurannya jangan terlalu besar. Di dalam kandang perlu dilengkapi dengan lampu pijar dengan daya yang dapat menghangatkan ruang di dalam kandang, misalnya 40 - 60 watt. Bagian depan yang berupa ruji/kawat diberi penutup dari kain agar dapat memberikan rasa tenang dan nyaman bagi si burung yang berada di dalam kandang.

Dengan merawat burung yang sakit di dalam kandang perawatan, kita akan lebih mudah dalam melakukan kontrol tiap hari, mulai memberikan obat, mengganti pakan dan minum, dan penyemprotan larutan disinfektan secara rutin.





Cari Artikel Seputar Burung yang Anda Inginkan Disini

0 comments:

Post a Comment