Kenari Lizard

Kenari Gloster

Kenari Border

Kenari Irish Fancy

Khasiat Fumayin Untuk Burung Kenari

February 24, 2012

biji-fumayin-hempseed-pict

Meramu pakan burung yang dilakukan dengan cara mencampur biji-bijian paling mudah dilakukan. Sebagai contoh, burung kenari dapat diberi pakan berapa campuran biji kenari, millet, biji sawi dan tepung fumayin. Ramuan ini diberikan dengan atau tanpa campuran serangga. Jumlah masing-masing jenis biji dapat diatur menurut kebutuhan. Untuk melengkapi nilai gizi pakan, di tempat terpisah dapat diletakkan bahan pakan berupa hijauan.

Fumayin / hempseed adalah jenis bijian yang bisa meningkatkan reproduksi pada burung kenari yang diternak ataupun meningkatkan performa burung kenari dan burung berkicau lainnya sehingga memiliki tenaga tambahan dalam bertarung.

Efek Fumayin (hemp seed) Pada Performa Burung

Intinya, ada kekhawatiran bahwa fumayin membuat ketergantungan atau ketagihan (addictive). Dulunya kami juga yakin hemp seed membuat ketergantungan, namun belakangan keyakinan itu sirna berdasar pengalaman penggunaan hemp seed pada burung dan sejumlah referensi tentang hemp seed di berbagai literatur online.

Yang jelas, struktur asam amino fumayin sangat berbeda dengan struktur asam amino pada ganja. Nah apalagi perbedaan sifat addictive antara fumayin dengan obat terlarang seperti sabu-sabu misalnya, jauh sangat berbeda.

Kalau fumayin bisa menambah semangat tempur burung lomba ataupun semangat kawin untuk burung penangkaran, maka pengaruh itu akan hilang ketika burung tidak mengonsumsi fumayin, tetapi tidak membuat burung ketagihan. Hanya saja, karena fumayin itu pada dasarnya adalah “enak dirasa” oleh burung (karena struktur asam aminonya) maka ketika burung yang semula diberi fumayin lantas tidak diberi, akan terlihat gelisah. Namun kegelisahan itu paling berlangsung 2-3 hari, setelah itu akan normal lagi.



Kegelisahan burung selama 2-3 hari karena distop pemberian fumayinnya, tidak akan membuat burung menderita ketagihan apalagi membuat burung kesakitan. Ini tentu beda dengan ketagihan manusia kepada sabu-sabu misalnya. Orang yang merasakan sakit karena ketagihan sabu-sabu, bisa sangat menderita dan bisa sampai meninggal.

Dalam kaitan ini saya akan memberikan tips agar burung tidak merasa terlalu gelisah ketika tidak diberikan fumayin kepadanya dengan cara stop pemberian secara bertahap.

Penggunaan Fumayin Untuk Burung Kenari:

1. Pada 5 hari menjelang lomba sampai hari lomba, setiap hari diberi fumayin sebanyak 6-10 butir.
2. Selama 2 hari berturut-turut setelah lomba ( hari lomba plus 1 dan 2 ) tetap berikan fumayin sebanyak 4-6 butir (dijadikan tepung).
3. Pada 2 hari berikutnya (hari lomba plus 3 dan plus 4) berikan sebanyak 2-3 butir.
4. Selanjutnya, pada hari lomba plus 5-6 berikan sebanyak 1 butir saja.
5. Hari berikutnya, sudah tidak diberi fumayin.

Demikian sedikit info tambahan tentang fumayin, semoga bermanfaat.

sumber literatur : om kicau





Cari Artikel Seputar Burung yang Anda Inginkan Disini

0 comments:

Post a Comment