Kenari Lizard

Kenari Gloster

Kenari Border

Kenari Irish Fancy

Gray Singing Finch ( Serinus leucopygius ) | Edel Sanger

March 28, 2012

edel sanger pict

Gray Singing Finch ( Serinus leucopygius) adalah burung penyanyi dari keluarga Finch, pecinta burung di Indonesia biasa menyebutnya Edel Sanger, sekilas hampir menyerupai Blackthrout (Serinus atrogularis

Burung ini juga dikenal sebagai kerabat paling dekat dengan kenari tenggorokan hitam (Serinus Atrogularis), jika kita melihat bentuk, ukuran, warna, perilaku, kemampuan bernyanyi dan lagu yang mereka hasilkan.

Gray Singing Finch telah diperkenalkan ke Indonesia sejak akhir 70-an hingga awal 80-an, diimpor dari Nederland sebagai salah satu negara dengan banyak peternak finch dan juga langsung dari Afrika pada 90-an.

Beberapa peternak dan penghobi burung membuat hibridisasi dengan menyilangkan edel sanger ini dengan burung kenari lokal, ada juga yang menyilangkan edel sanger ini dengan Green Singing Finch (Serinus mozambicus) yang di Indonesia sering disebut burung Mozambik. Ini menghasilkan suatu jenis burung finch yang sangat berbeda dan banyak varian.

Penampilan Gray Singer / Edel Sanger

Cara Menangani Kista Pada Kenari

kista pada burung kenari pict

Pada burung kenari dapat terkena penyakit kista yakni adanya semacam benjolan pada salah satu sisi tubuh burung, bisa tumbuh di bagian dada, perut, kaki, atau kepala. Beberapa kalangan menilai ini suatu penyakit yang tidak punya efek kematian secara langsung. Akan tetapi dalam suatu pemeliharaan hal ini serasa cukup mengganggu, meskipun pada dasarnya penyakit yang berupa benjolan ini akan membesar dan akhirnya akan mengering, yang menjadi permasalahan justru benjolan itu tumbuh membesar dan mengganggu. Hal inilah yang dirasa perlu untuk diambil tindakan yaitu operasi pada ujung benjolan yang sebelumnya harus dipastikan dulu adanya tanda sudah mengering. Mengutip sebuah artikel dari, Julio José Fernández Polledo & Nacho Morató Sari yang aslinya ditulis dengan bahasa Spanyol ini dirasa perlu mengingat banyaknya kasus penyakit seperti ini ditemukan pada kenari.

Berikut ini adalah cara melakukan operasi ringan yang dapat dilakukan terhadap kista yang menempel di tubuh kenari :

Siapkan alatnya berupa : Pisau tajam/silet, penjepit, alkohol, betadine, plester/lem dan tentunya lap kain halus

Langkahnya sebagai berikut :

-Iris bagian atas kista cari kulit yang paling kering, jika tidak memungkinkan irisan memanjang dapat diiris menyilang {X}, plester yang dipotong kecil untuk antisipasi adanya sayatan yang mengenai kulit normalnya

- Ambil penjepit untuk membuka kulit secara perlahan, buka secukupnya jangan sampai terlalu lebar atau bahkan sampai kulit basahnya, lalu tarik perlahan dengan bantuan jari untuk mendorong kista ini keluar

- Setelah kista diambil, biasanya tidak begitu banyak keluar darah apabila ujung benjolan sudah mengering saat dioperasi, lalu bersihkan dengan alkohol/peroksida dan dilanjutkan dengan betadine secukupnya.

- Langkah selanjutnya adalah memantau sampai beberapa hari kedepan jika memungkinkan masih ada kista di dalam bekas lubang kista itu harus dibersihkan secara tuntas. Memang hal ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian agar bekas luka itu benar benar bersih, selain itu kadang di dalam lubang kista itu masih terdapat gumpalan yang masih basah dan melekat pada kulit hal ini perlu kecermatan dalam menangani karena ini kemungkinan akan adanya pendarahan kalau terburu buru.

Beberapa kali cara penyembuhan luka ini akan diiringi menutupnya lubang bekas kista, jadi alangkah baiknya jika dapat memanfaatkan waktu yang tepat agar kista benar benar bersih sebelum lubang itu menutup sekitar 20 hari, jika masih ada sisa memungkinkan kista itu akan tumbuh lagi dan membesar

sumber : www.laropstars.com

Cut Throut

March 26, 2012

cut-throut finch pict

Cut-throat Finch (Amadina fasciata) adalah spesies dari burung Estrildid finch berasal dari Afrika, juga dikenal sebagai Bearded Finch, Ribbon Finch, Cut Throat, atau Weaver Finch.

Cut Throat memiliki bulu yang pucat, berpasir coklat dengan bintik-bintik hitam di bulu bagian atas. Mereka memiliki ekor hitam-coklat, dagu dan pipi putih tebal, dan kecoklatan pada perut. Warna kaki merah muda. Pada burung jantan dewasa memiliki warna merah terang di tenggorokan, sementara pada burung jantan remaja memiliki warna merah yang sedikit kusam di tenggorokan.

Penyebaran burung ini ditemukan di Angola, Benin, Botswana, Burkina Faso, Kamerun, Chad, Republik Kongo, Pantai Gading, Eritrea, Ethiopia, Gambia, Ghana, Kenya, Malawi, Mali, Mauritania, Mozambik, Namibia, Niger, Nigeria , Portugal (diperkenalkan), Rwanda, Senegal, Somalia, Afrika Selatan, Sudan, Tanzania, Togo, Uganda, Zambia dan Zimbabwe.

Penampilan Cut Throut

Resep Pakan Alternatif Bergizi Untuk Kenari

pakan alternatif kenari pict

Resep I

Bahan :

  • 1 buah wortel
  • 2 butir telur ayam
  • 2 sendok makan tepung roti
  • 1 sendok makan tepung dari tulang sotong yang digiling
  • 2 potong tangkai brokoli

Cara Mengolah :

  • 1) Cuci telur ayam, wortel, dan brokoli dengan air hangat.
  • 2) Rebus dua telur ayam
  • 3) Setelah itu campurkan semua sayuran dan telur lalu tambahkan tepung tulang sotong dan remah-remah roti malkist (tawar) dan diblender sampai semuanya bercampur
  • 4) Siap disajikan pada burung.

(Catatan : pemberian pakan ini tidak boleh lebih dari 3 – 4 jam, bila ada sisa pakan olahan ini dapat disimpan didalam kulkas )

Resep II

Bahan :

  • 1 butir telur ayam
  • 1 bungkus biskuit susu (Arnott, Roma, dll)

Cara Mengolah :

  • 1) Cuci telur dengan air hangat.
  • 2) Rebus satu telur ayam. (Jika jumlah burung banyak maka rebus telur ayam lebih dari 1 butir)
  • 3) Setelah telur direbus hancurkan dengan melumatnya sampai benar-benar kecil dan campurkan dengan biskuit yang sudah dihancurkan.
  • 4) Siap disajikan ke burung

Cara Memberi Makan Anakan Kenari | Meloloh Piyek

March 19, 2012

meloloh anak kenari pict

Beberapa waktu yang lalu ada teman pecinta kenari dari jakarta yang curhat mengenai sepasang indukan kenari koleksinya yang tiba-tiba tidak mau mengurusi anak=anaknya yang masih bayi. Kadang kita belum tahu makanan apa yang harus diberikan pada bayi kenari dan bagaimana cara menyuapinya/meloloh.

Sekedar berbagi, kebetulan saya memiliki kebiasan turut membantu menyuapi/meloloh anak-anak kenari walaupun kedua induknya setia merawat anak-anaknya, dasarnya adalah saya merasa kasihan jika sepasang indukan kenari harus setiap saat menyuapi anak-anaknya terutama yang mempunyai anak sampai dengan 4 bayi.

Makanan yang saya berikan adalah campuran kuning telur rebus dengan susu bubuk dengan perbandingan 2 : 1 lalu diencerkan dengan air, jika bayi kenari sudah berusia 1 bulan campuran makanannya saya tambahkan sedikit biskuit malkist. Cara melolohnya adalah dengan memakai tusuk gigi atau potongan sapu lidi. Beberapa peternak memakai cara dengan menggunakan alat suntik yang jarumnya sudah dilepas, atau pipet obat untuk bayi, seperti video dibawah ini.


Meloloh bayi kenari dengan menggunakan alat suntik



Meloloh bayi kenari dengan menggunakan pipet obat



Jika kita menggunakan alat bantu seperti alat suntik atau pipet maka makanan yang akan diberikan pada bayi kenari harus benar-benar encer.

Semoga bermanfaat

Arti Kode Ring Pada Burung Kenari

March 7, 2012

kode ring kenari pict

Kode pada ring burung adalah merupakan identitas penangkar. Kode pada ring dapat meliputi warna, huruf, dan angka yang semuanya memiliki arti tersendiri. Ring pada kaki burung yang memiliki variasi kode-kode tertentu sering kita jumpai pada burung kenari impor. Beberapa kelompok peternak tertentu sudah mulai membuat identitas yang mewakili kelompok, hal ini sudah merupakan angin segar pada dunia penangkaran, berarti paling tidak sudah terjalin adanya kekompakan dan kerjasama. Lalu bagaimana dengan warna, seperti telah disepakati oleh Konsorsium Internasional Ornitologi warna dibedakan setiap tahunnya sehingga pada burung burung impor warna ring selalu berbeda setiap tahunnya.

Berikut kode warna ring dalam 36 tahun terakhir:

1998 Biru 2005 Hijau 2012 Merah 1999 Emas 2006 Merah 2013 Hitam 2000 Hijau 2007 Hitam 2014 Hijau 2001 Merah 2008 Biru 2015 Ungu 2002 Hitam 2009 Ungu 2016 Emas 2003 Biru 2010 Orange 2017 Biru 2004 Emas 2011 Biru 2018 Merah

Dalam pengkodean ring ditemukan pula kode beberapa negara seperti sebagai berikut:

D : Jerman
NL : Belanda
E : Spanyol
P : Portugal
B : Belgia
F : Perancis
GB : Inggris
YV : Venezuela
CO : Columbia
BR : Brasil
A : Australia
CH : Ania Australia
GR : Yunani
TR : Turki
CY : Siprus


Jika saya menemukan kode selain yang tertera di atas segera akan diinformasikan lebih lanjut.

Merawat Kaki dan Kuku Burung Kenari

March 5, 2012

merawat kuku kenari pict

Beberapa waktu yang lalu ada teman dekat rumah yang menanyakan mengenai cara memotong kuku burung kenarinya, tidak lama berselang ada sms yang menanyakan hal serupa. Sama sekali saya tidak terpikir untuk menulis tentang perawatan kaki dan kuku burung kenari padahal secara rutin saya melakukan perawatan ini sejak pertama kali saya mengenal kenari pada tahun 1999.

Secara alami, dengan semakin bertambahnya umur burung kenari maka sisik kaki burung akan bertambah tebal dan kukunya juga ikut bertambah panjang. Kuku yang panjang selain mengurangi keindahan penampilan juga membuat burung kenari kerepotan karena daya cengkramnya berkurang, dan kuku yang panjang ini bisa pula menimbulkan cidera dan luka pada jari kaki burung apabila kuku tersebut nyangkut di jeruji sangkar.

Perawatan sisik pada kaki burung

Untuk mencegah agar sisik pada kaki burung kenari tidak bertambah tebal lakukan hal sebagai berikut :

- Jika sisik kaki burung belum tampak menebal cukup oleskan minyak tawon dengan menggunakan kapas secara rutin 3-5 hari sekali.
- Jika sisik pada kaki burung sudah terlanjur menebal oleskan minyak tawon dengan menggunakan kapas dan biarkan sejenak, setelah beberapa saat maka sisi-sisik yang menebal tersebut akan lunak, koreklah dengan perlahan dengan menggunakan jari kita.

Perawatan kuku pada jari burung

Untuk mencegah agar kuku burung kenari tidak bertambah panjang ada 2 hal yang harus dilakukakan yaitu :

Pertama dengan cara kuku burung kenari dipotong secara berkala. Adapun cara memotong kuku burung kenari yaitu burung kenari dipegang tangan kiri sedangkan tangan kanan memegang gunting, mengenai alat pemotong kuku terserah mau menggunakan gunting atau alat pemotong kuku (gunting khusus buat kuku), hanya yang harus diperhatikan adalah pada saat memotong kuku jangan sampai terlalu dekat atau memotong pembuluh darah. Jika sampai pembuluh darah terpotong akan kesulitan menghentikan pendarahannya. Untuk lebih jelas bisa lihat gambar diatas.

Yang kedua yaitu tangkringan/tenggeran yang digunakan harus kasar, jika Anda membeli tangkringan produk pabrik biasanya permukaannya sudah ada lapisan pasir, gunanya adalah untuk mengikis kuku burung kenari agar tidak terlalu panjang.

tenggeran burung pict


Seperti kita ketahui burung-burung di alam bebas jarang terlihat kukunya memanjang, mungkin mereka punya cara tersendiri untuk memotong kuku-nya. Burung yang dipelihara didalam sangkar mempunyai fasilitas yang tersedia terbatas maka kita sebagai tuannya harus menyediakan alat untuk merawat kuku.

Semoga bermanfaat..

Manfaat Memandikan Burung Kenari

memandikan burung pict

Mandi membuat burung Anda sehat dan bulunya dalam kondisi baik. Jika memungkinkan, sebaiknya burung mendapatkan mandi setiap hari jika cuaca dalam keadaan panas. Selama ganti bulu (molting) kita harus lebih intensif dalam memandikan burung, hal ini sangat penting karena air akan membantu melunakkan jaringan yang keras dan rapuh sehingga jaringan tersebut dapat membuka dan memudahkan proses perontokan bulu-bulu tua dan bulu-bulu baru akan mudah tumbuh kembali(disebut pinfeathers)

Hampir semua burung termasuk kenari, menikmati mandi. Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menyaksikan sekelompok burung pipit bersiap-siap untuk mandi. Pertama seekor burung akan melompat masuk ke air dan kemudian keluar lagi seolah-olah untuk menguji air. Kembali ia melompat dan membuat percikan sedikit, itu adalah sinyal bagi semua kelompok anggota mereka untuk melompat masuk dan bergabung, sayapnya dikibas-kibaskan dan kepalanya menyelam di bawah air.

Gunakan bak/nampan air dari plastik yang dimasukkan dalam sangkar khusus untuk madi, karena biasanya burung-burung ingin mandi sendiri.

Usahakan air yang digunakan untuk memandikan burung terbebas dari klorin. Klorin di dalam air dapat membahayakan jaringan yang sensitif serta selaput di dalam kulit dan menyebabkan kerusakan kulit dan bulu di bagian luar. Air sumur dapat saja digunakan untuk mandi, tapi kadang-kadang di daerah gambut seperti di Kalimantan kandungan besi didalam air terlalu tinggi, hal ini tidak baik pula bila digunakan untuk mandi burung.

Hindari pula memandikan burung pada air yang kotor, karena bakteri yang ada dalam air dapat menyebabkan masuk dan berkembang dalam usus burung Anda dan menyebabkan burung menjadi sakit atau bahkan mati. Jika anda tidak yakin tentang air sumur Anda, rebus selama 15 menit dan dinginkan sampai kembali ke suhu normal/kamar. Air ini kemudian dapat disimpan dalam kendi/galon plastik yang sebelumnya telah digunakan untuk menyimpan air.

Tawarkan burung Anda mandi di pagi hari agar memungkinkan dia untuk mengeringkan tubuhnya sebelum tidur. Tidur dengan bulu basah bukan ide yang baik. Suhu air yang sama dengan suhu ruangan lebih disukai sehingga minyak pada bulu burung Anda tidak akan hilang. Jika minyak hilang, bulu-bulu tidak lagi melindungi tubuh burung terhadap perubahan suhu dan ia dapat menjadi dingin dan mudah sakit.

Jika burung Anda sehat dan dalam kondisi baik, tetapi tampaknya tidak ingin mandi, mandikan dengan cara disemprot dengan semprotan berkabut sesekali saja, ini akan membantu menjaga bulu burung anda dalam kondisi baik. Semprotkan ke atas dan melewati kepala burung Anda sehingga jatuh seperti hujan ringan.

Arti Penting dari Desinfektan

March 1, 2012

desinfektan pict

Pepatah kuno mengatakan "sedia payung sebelum hujan". Dalam dunia unggas pepatah tersebut mempunyai makna "lebih baik mencegah daripada mengobati", lebih baik bersusah-susah dahulu secara berkala dengan disiplin menseterilkan sangkar, kandang, dan lingkungan sekitar tempat burung kenari berada dengan larutan desinfektan (larutan suci hama / antiseptik) untuk mencegah timbulnya penyakit yang akan menyerang burung kesayangan kita.

Desinfektan didefinisikan sebagai bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran jasad renik seperti bakteri dan virus, juga untuk membunuh atau menurunkan jumlah mikroorganisme atau kuman penyakit lainnya di suatu tempat.

Sifat-sifat penting Desinfektan antara lain :

- Memiliki sifat antibakterial luas
- Tidak mengiritasi jaringan hewan dan manusia
- Sifat racun rendah, tidak berbahaya bagi manusia maupun hewan.
- Memiliki daya tembus tinggi
- Tetap aktif meskipun terdapat cairan tubuh, seperti nanah, darah, feses dan sel-sel mati.
- Tidak merusak alat-alat, lantai dan dinding kandang
- Tidak meninggalkan warna
- Murah dan diperlukan jumlah besar
- Mampu menembus rongga-rongga, liang-liang

Banyak sekali macamnya bahan yang digunakan untuk desinfektan, antara lain alkohol, aldehid, formalin, biguanid, klorsilenol, fenol, dll. Saya menyarankan menggunakan desinfektan yang umum dipakai dalam peternakan ayam, yang sudah dikemas dalam botol dengan ukuran sedang, misalnya nama produk Formades, Sporades, Rodalon atau Mediklin.

Penyemprotan sangkar, atau kandang burung dapat dilakukan tiga hari sekali atau seminggu sekali, sebaiknya saat melakukan menyemprotan sangkar dan kandang dalam keadaan kosong. waktu penyemprotan akan efektif jika dilakukan pada pukul 10.00-12.00 atau 15.00-17.00. Semprotkan desinfektan pada seluruh permukaan sangkar atau kandang, karena desinfektan akan bekerja optimal jika waktu kontak dengan bibit penyakit cukup.

Ingat ! Jangan menunggu sampai penyakit datang... yang pasti mengobati lebih susah daripada mencegah. waspadalah.. waspadalah..